Minggu, 15 Maret 2009

merpati putih

Departemen Keilmuan Merpati Putih
Merpati Putih Adalah Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong yang bernaung di bawah Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI). Organisasi berdiri sejak 2 April 1963 dengan pusat organisasi di Jakarta, sedangkan pusat keilmuan di Jogjakarta.Tujuannya adalah melestarikan Pencak Silat Asli hasil budidaya peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia dan turut membina watak mental pribadi anggota Merpati Putih berbudi pekerti luhur serta mengembangkan ilmu Merpati Putih demi kepentingan bangsa dan Negara Indonesia.

Seorang Anggota Merpati Putih harus memegang Tri Prasetya (Taat dan Percaya Kepada Tuhan Yang Maha Esa,Mengabdi dan berbakti pada Nusa,Bangsa dan Negara Republik Indonesia,Setia dan Taat Kepada Perguruan) dan mengamalkan amanah Sang Guru Saring Hadi Poernomo (Memiliki Rasa Jujur dan Welas Asih,Percaya pada diri sendiri,Keserasian dan Keselarasan dalam penampilan sehari-hari, dan Menghayati dan mengamalkan sikap itu agar menimbulkan Ketakwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa).

Merpati Putih sendiri merupakan singkatan dari Falsafah "Mersudi Patitising Tindak Pusakaning Titising Hening" yang artinya kurang lebih "Mencari Sampai Mendapatkan Tindakan yang Benar dengan Ketenangan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar