Senin, 16 Maret 2009

Sejarah Pecahnya sh terate dengan winongo


Sejarah SH Terate dan Sh Tunas Muda Winongo

SH Terate adalah perguruan silat legendaris yang berperan menyebarkan pencak silat ke berbagai daerah (bahkan manca negara). Di pusatnya, Madiun, terdapat ribuan pendekar SH terate yang tersebar sampai pelosok-pelosok kampung. Bagi pemuda-pemuda di daerah Madiun, menjadi anggota SH terate adalah tradisi yang mereka laksanakan secara turun temurun. Bahkan banyak keluarga yang dari Kakek buyut sampe cicit, semua adalah anggota PS SH Terate. Hal ini membuat SH Terate sebagai organisasi, cukup disegani di kawasan Madiun karena memiliki massa yang sangat besar.

Sayang, di Madiun sering terjadi perkelahian massal antara anggota SH Terate dan anggota SH Tunas Muda (Winongo). Sebenarnya pendiri kedua perguruan silat tersebut berasal dari perguruan yang sama. Menurut hikayat, asal muasal pencak silat di Madiun adalah dari seorang pendekar bernama Suro (Mbah Suro). Konon, sewaktu masih sangat muda Mbah Suro ini adalah salah satu prajurit tangguh yang dimiliki Pangeran Diponegoro. Setelah Pangeran Diponegoro kalah dari Belanda, mbah Suro melarikan diri ke Madiun, dan mendirikan sebuah perguruan silat sendiri.

Perguruan silat ini kemudian berkembang cukup pesat. Mbah Suro memiliki banyak sekali murid. Namun diantara sekian ratus muridnya, ada dua yang paling menonjol. Yang satu kemudian mendirikan perguruan silat sendiri di daerah Winongo Madiun, dan kemudian di kemudian hari menjelma menjadi SH Tunas Muda. Sementara yang satunya meneruskan perguruan silat mbah Suro dan kemudian menjelma menjadi SH Terate.

Awalnya, kedua perguruan tersebut saling berdampingan dengan damai satu sama lain. SH Winongo memiliki pengaruh di daerah madiun kota, sementara SH Terate mengakar di daerah madiun pinggir/pedesaan. Benih perpecahan dimulai ketika antara tahun 1945-1965 an, banyak pendekar SH Winongo yang berafiliasi dengan PKI. SH Terate yang menganggap ilmu SH (Setia Hati) yang diturunkan oleh mbah Suro merupakan ilmu yang berbasis ajaran Islam, merasa SH Winongo mulai keluar dari jalur tersebut.

Perselisihan semakin menjadi-jadi antara tahun 1963-1967, dimana banyak pendekar dari kedua perguruan yang terlibat bentrok fisik dalam peristiwa-peristiwa politik. Meski banyak anggotanya yang berafiliasi kiri, namun secara organisasi SH Winongo tidak terlibat dalam aktivitas kekirian tersebut. Hal inilah yang kemudian menyelamatkan perguruan silat ini dari pembubaran oleh pemerintah.

Setelah masa pembersihan anggota PKI yang berlangsung antara tahun 1967-1971 di daerah Madiun, SH Winongo sedikit demi sedikit mulai kehilangan pamornya. Puncaknya, pada era 1980-an bisa dikatakan perguruan silat ini dalam keadaan mati suri. Konon, banyak pendekar SH Terate yang berperan sebagai eksekutor para anggota PKI (termasuk beberapa pendekar SH Winongo yang terlibat PKI) di kawasan Madiun. Hal inilah yang kemungkinan memicu dendam pendekar SH Winongo yang non-PKI tapi merasa memiliki solidaritas pada kawan-kawannya yang dieksekusi tersebut.

Entah kebetulan atau tidak, seiring dengan munculnya PDI sebagai kekuatan politik yang cukup kuat pada era 1990-an, pamor SH Winongo sedikit demi sedikit mulai naik kembali. Banyak pemuda dari kawasan perkotaan Madiun yang masuk menjadi anggota SH Winongo. Madiun kota sendiri merupakan basis PDI yang cukup kuat. Sementara Madiun kabupaten merupakan basis NU dan Muhammadiyah. Banyak yang mengatakan bahwa situasi tersebut mirip dengan situasi di zaman ‘60-an, dimana PKI berkuasa di Madiun kota dan NU berkuasa di Madiun Kabupaten.

Seiring dengan perkembangan tersebut, mulai sering terjadi perkelahian antar pendekar di berbagai pelosok Madiun. Perkelahian yang juga melibatkan senjata tajam tersebut tak jarang berakhir dengan kematian salah satu pihak. Pada waktu itu, Madiun bagaikan warzone para pendekar silat (termasuk dengan senjata tajam dan senjata lainnya). Di berbagai sudut kota dan kampung terdapat grafiti yang menunjukkan identitas kelompok pendekar yang menguasai kawasan tersebut. Pendekar SH Terate menggunakan istilah SHT (Setia Hati Terate) atau TRD (Terate Raja Duel) untuk menandai basisnya. Sementara SH Winongo menggunakan istilah STK, yang kemudian diplesetkan menjadi “Sisa Tentara Komunis”, untuk menandai kawasan mereka.

Pada kurun waktu 1990-2000, STK mengalami perkembangan jumlah anggota yang sangat pesat. Desa Winongo sebagai markas besar mereka, pada awalnya masih mudah diserang oleh pendekar SHT dari wilayah tetangga. Namun karena kekuatan mereka yang semakin besar membuat Winongo menjadi untouchable area. Hampir seluruh pemuda dan lelaki di desa ini menjadi anggota STK yang militan, sehingga penyerbuan SHT ke wilayah ini menjadi semakin sulit dilakukan.

STK menggunakan taktik populis dalam merekrut anggota baru. Mereka masuk ke SMP dan SMU di kota Madiun dan menawarkan status pendekar secara instan kepada pemuda-pemuda yang mau bergabung. Sementara untuk meraih status pendekar di SHT, persyaratannya cukup berat dan memakan waktu cukup lama. Tawaran menjadi pendekar instan tersebut tentu saja mendapat sambutan yang besar dari para pemuda yang belum mengetahui esensi sebenarnya sebuah panggilan “pendekar”. Di Madiun, menjadi pendekar adalah sebuah kehormatan yang diimpi-impikan para pemuda. Predikat pendekar menjadi sangat elit karena harus dicapai dengan susah payah. Seorang Pendekar dipastikan memiliki kemampuan silat dan fisik yang prima, serta pemahaman agama yang dalam.

Akibat taktik populis yang dilakukan STK, kode etik pertarungan antar pendekar yang selama ini terjaga, sedikit demi sedikit mulai pudar. Anak-anak muda yang naif (pendekar instan) mulai menggunakan cara-cara yang kurang etis dalam berkelahi. Misalnya mereka mengeroyok lawan, menculik lawan di rumah, tawuran (lempar-lemparan batu), menyerang dari belakang, dan cara-cara yang tidak terhormat lainnya. Awalnya pendekar-pendekar SHT yang memegang teguh kode etik pertarungan pencak silat, masih berupaya sabar. Namun, akhirnya mereka kehilangan kesabaran setelah korban di pihak mereka mulai berjatuhan.

Tercatat, terjadi beberapa kali pertarungan yang memakan korban jiwa akibat tindakan yang tidak sportif. Pernah terjadi kasus dimana dua orang pendekar yang sedang berboncengan sepeda ontel, di tebas dari belakang oleh lawan bersepeda motor dengan menggunakan clurit. Kemudian ada juga kasus seorang pendekar yang sedang menggarap sawah, ditebas dari belakang oleh lawannya dengan menggunakan pacul.

Kejadian-kejadian tersebut merupakan gambaran betapa etika pertarungan sportif satu lawan satu yang selama ini dipegang erat oleh para pendekar, mulai pudar.

252 komentar:

  1. mas maaf kalo ngmong jangan berlebihan. . apa itu pendekar INSTAN?? kenapa Anda kok berani ngomong kalo PENDEKAR SH Winongo adalah Pendekar yang INSTAN. . yang berani mencari anggota baru dengan cara menawarkan kasekolah-sekolah . . Saya bingung dengan pernyataan Anda yang seakan-akan tahu semua tentang SH Winongo.Apakah Anda orang winongo ato terate?Tapi kenapa Anda Menjelek - jelekkan SH Winongo??? Padahal dikawasan Saya (CARUBAN) SH teratelah Yang patas disebut sebagai PENDEKAR INSTAN.yang juga suka main kroyok . . maaf saya berani ngomong begini,karena saya pernah berkali - kali berurusan dengan pendekar PSHT, ,awal mula mereka berani menantang saya duel 1 lawan 1,tapi kenyataanya mereka mengeroyok saya,sehingga sayapun BABAK-BUNDAS. . pesan saya bagi seluruh warga PSHT jangan suka cari masalah pada siapapun terutama pada warga SH Winongo,mengingat konflik selama ini yang belum terselesaikan. . Saya PENDEKAR SH WINONGO tentunya bukan PENDEKAR INSTAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pendekar psht yang pantang keroyokan dan apa ada pendekar winongo yang menjadi atlit selama ini. madiun jalan salak, sekarang tinggal di batam.

      Hapus
    2. aku pendekar psht tak pernah maik kroyok
      mnurut saya yang jdi atlit di pertandingan manca itu kbanyakan sht dan saya juga atlit di smp-sma
      mna ada pendekar main pacul
      garai eo cah NDOL

      Hapus
    3. SH Winongo bukan pendekar INSTAN pendekar SH Winongo adalah pendekar berani berkorban,membela kebenaran pendekar yg jujur,suci dan diridhoioleh ALLAH S.W.T

      ESTEKA 1903 JAYAaaaaa

      SALAM StK Banyoekambang

      Hapus
    4. Janganlah Mengorek masa lalu yang itu telah terjadi,Dan akan menambah memperkeruh masalahnya... Karena itu bukan tugas kita...Biarlah semua dan siapa saja tahu karena itu semua bisa tahu,,,,dengan di pelajari sendiri sendiri.....

      Hapus
  2. wes podo salahe lek jare q,,,,,
    mendingan damai ae lho....
    damai itu indah....

    BalasHapus
  3. =SH TERATE DAN SH WINONGO=-
    “Setia-Hati” berdiri tahun 1903 oleh Khi Ngabehi Suro Diwiryo.
    Akar permasalaha pemicu pertentangan kedua kubu SHT dan SHW adl perbedaan ideologi antara Ki Ngabehi Suro Diwiryo dgn Hajar Hardjo Oetomo(murid eyang Suro).
    MENURUT PANDANGAN:
    1.Ki Ngabehi Suro Diwiryo
    SH bkn tempat wadah perjuangan bangsa untuk pencapaian kmerdekaan,ttpi perkumpulan pencak silat &tdk mmbdakn SARA.
    2.Hardjo Oetomo:
    -SH adl sarana menggalang persatuan and alat prjuangn pncapaian merdeka.
    .:Karena perbedaan tsb Hardjo Utomo mundur dr SH dan ijin kpd Eyang Suro utk mndirikan SH MUDA,tapi oleh Eyang Suro tidak diberi jawaban alias tidak direstui.Karena Eyang Suro mengtahui bhw di Pilangbango diadakn ltihan pencak silat,maka SH MUDA dicap oleh Eyang Suro sbg SH MERAH/SH KOMUNIS, SHM bersiasat mngbh nma mnjdi SH Pencak Sport Club(brgulir thn 1922).
    Masalah terjadi dgn Belanda krn kt “PENCAK” tsb,akhirnya brgnti lagi mnjdi SH SPORT CLUB.
    Thn 1942 atas inisiatip S.Soerengpati(tkoh Indonesia Muda),SH SPORT CLUB berganti mnjadi SH TERATE.
    ==================
    FAKTA::::
    Dari sini dapat dilihat bahwa antar SETIA HATI yang didirikan oleh Eyang Suro dengan SH TERATE adalah berbeda..
    Mungkin dapt dktakan bermusuhan atau Penghianatan oleh murid ke Guru.
    Jikalau ada yang memgatakan bhw Saudara2 SH TERATE adalah cucu atau saudara Eyang Suro, itu tidaklah benar.
    Saudara tua sebenarnya adalah SH PANTI dan SH TUNAS MUDA WINONGO.
    Hal itu terbukti bahwa Eyang Suro wafat thn 1944,sepeninggal beliau masih memiliki basis SETIA HATI di desa Winongo dgn murid2 beliau. Sedangkan tahun 1942 SH Jadi2an Hardjo utomo sudah ada di Pilangbango. Jadi dlm kurun waktu tsb tlh berdiri 2 perguruan:
    1. SH asli Eyang Suro
    2. SH pmbrontak Harjo utomo

    ))HUBUNGAN SH PANTI DENGAN SH TUNAS MUDA WINONGO((
    +SH PANTI(sh surodiwiryan) adalah rumah Eyang Suro yg dahulu digunakan untuk menggembleng ilmu2 SH,Berpusat di daerah Panti,selatan rel kereta Winongo.
    *** Sesepuh SH PANTI bapak KOESNI dan Pengasuh SH TUNAS MUDA bapak RDH SOEWARNO mengabdi pada Eyang Suro dari thn1939 dan hingga eyang meninggal, mereka belum dikecer. Akhirnya dikecer oleh murid Eyang Suro bernama Hadi Soebroto.
    Perlu diketahui oleh kadang sh Terate,bahwa BapakRDH Suwarno bukanlah PENDIRI SH Tunas Muda Winongo, melainkan PENGASUH.

    MENGAPA BERNAMA SH TUNAS MUDA DAN AKTIF TAHUN 1965?
    -SETIA HATI Asli( bukan PSHT) sejak thn 1964 mngalami kemunduran dan tidak begitu aktif.
    Dikarenakan berkurangnya pnrimaan murid baru, sebagian saudara SH sudah sepuh,bahkan meninggal.
    Dikhwatirkan SH Asli akan mnglmi kpunahan,utk mnghindri hal tersbut, thn 1965 15 oct Bpk RDH Soewarno mngaktifkn kmbli kegiatan SETIA HATI.
    Ini tentunya juga mndapat pngkuan dan persetujuan dari pihak SH PANTI,dapt dketahui bhwa SH PANTI mngijinkan pemakaian simbolnya pada SH Winongo ini.
    Karena aktif dlm bntuk organisasi dan mndpt ijin notaris, dlm SHWINONGO disisipkan kata TUNAS MUDA,yang artinya SH yang akan bersinar kembali.
    SH PANTI hingga sekarang masih ada dan seluruh organisasi penerimaan anggota,acara Suran Agung dan halal bihalal ditangguhkan kepada SETIA HATI TUNAS MUDA WINONGO MADIUN.

    MENGAPA DALAM PENERIMAA SH TUNAS MUDA HARUS DILAKUKAN PENGESAHAN TERLEBI DAHULU??
    -Dengan disahkan,seseorang akan resmi mnjdi Warga. Ilmu2 SH boleh diketahui hanya oleh warga dan dilarang mngjrkan kpd yg bkn warga.
    Untuk pelajaran tngkt lnjut baik itu akan diikuti atau tdk oleh seorang warga,itu mrpkn ksdaran dr warga tsb. Karena SH tidak ada paksaan.

    APA SEBAB ANGGOTA SH WINONGO TIDAK BEGITU BESAR DAN SEPOPULER SH TERATE?
    -Hal ini karena siapapun yang akan menjadi warga SH TUNASMUDA WINONGO, maka diwajibkan untuk langung datang ke pusat d Madiun dan dikecer langsung, SH TUNAS MUDA tidak membuka cabang dimanapun.

    sh winongo tetap jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. psht vs winongo aku jago psht.... wkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwk

      Hapus
    2. ojo mbok gedekne gacormu juh,,,,,,,
      srekel raimu..........
      bajingan gaTel
      THE BIG FAMILY SH WINONGO MADIUN
      ttp JAYA JAYA JAYA JAYA JAY JAYA JAYA
      TERATE JANCOK bajingan
      TE,,, TEMPEK
      RA RAKUS
      TE TELo MAMBU

      Hapus
    3. Ndelok songko suoro ln pangucapmu wae, wiz jelas.
      Lahir batin awakmu kosong blong.

      Hapus
    4. hehe wes wes" GUE KLUAR TERATE BUYAARR

      Hapus
    5. winongo 5 aku ra mundur..hahaha ndue opo lo cah ndol ki sedino dadi :D..dadi guyon iyooo..koyo ngono og jare tingkah laku ne keno di tiru..opo gasot..ndol kontol..wani kandang kluar mampus

      Hapus
  4. pendekar intant yo cah nongo kuning2 koyo golkar

    BalasHapus
  5. cah stk koyo itel warga psht dolopo

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju wkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwk

      Hapus
  6. mari adek2 n kakang sh winongo qt patuhi sumpah SH ny aja... insya allah hidup qt akan diridhoi oleh allah swt... amin.... ga usah pake duel2 segala udah ga jamannya...

    ashwin kuta bali....

    BalasHapus
  7. Asalamualaikum..sy kira penjelasan di atas salah kaprah, sedikit mau meluruskan ,antara sh winongo dan panti itu beda, mereka sdh berdiri sendiri-sendiri,sdh tdk ada hubnganya sm skali,sh panti punya misi sendiri,sh winongo pun jg demikian, mengenai tingkatn keilmuan di sh winongo yakni A-A 1,2,3 ini setara dng warga 1,2,3 pd sh terate, sedangkan pengkeceran orang yg baru masuk di sh winongo pd
    saat pendaftaran mereka disebut saudara ,kalo di sh terate setara dngan sebutan siswa, jdi sh winongo tidak mengenal istilah WARGA, skian trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ojo kakeann gacor srekel raimu modar

      Hapus
    2. sh wingongo iso nyrekel to
      latian,e ndek kpn emg,e
      sedino dadi duduk lawan,e sg tahunan baru dadi

      Hapus
  8. NGAJI KENE
    http://www.assalafy.org/mahad/?p=441#comment-259

    BalasHapus
  9. terate kuwi sh goblok....mori kok dsembah...mben suro diumbah...ra due tuhan kui.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kowe sink pekok, mori iku ora disembah, kuwi ngono digo sabuk, nex ora eroch ojo sok kemeroh, blok goblok......

      Hapus
    2. wahyu sip lur22, mori q tak gawe buat nguburi winongo ae lah...

      Hapus
    3. matamu njeglek ui kor dige ilingne lek sok ben mati tros dibungkus mori
      brati shw gak tau di elekne lek ben mati

      Hapus
    4. ojo pisuh srekel modar sh tempek sh kirek 1922 bajingan srekel raimu bongko

      Hapus
  10. terate duk sh goblok malah winongo seng goblok,mori kok kuneng yok golkar?wong arep dadi pendekar kok sasahan disek wi jeneng pendeka asal2lan kuwu???

    BalasHapus
  11. Mas-mas sedulur SH, marilah kita hayati jurus-jurus SH yang kita pelajari, apakah kita sudah ber-SH pada diri kita sendiri, seorang pendekar sejati adalah yang selalu menang melawan hawa nafsunya sendiri.

    warga terate maupun warga winongo yang selalu berseteru itulah yg kita sebut "Pendekar Instan"..!!!!
    Perkelahian yang sering terjadi itu menunjukan betapa ketidaksiapannya untuk mendapat gelar "Pendekar".

    Apakah saudara2 sepuh kita, pendiri, pengasuh,pelatih mengajarkan hal itu..!!!!

    Bukankah ajaran SH itu selalu "MEMAYU HAYUNING BAWANA"..

    BalasHapus
  12. SH TERATE KARO SH WINONGO ki jane SIJI,, alias podho,,
    kuwi wis genah ono tembung'e,,,
    gur warga winongo karo terate sing asal wae sing ngarepake SHT karo SHW duel,,,

    Salam WARGA TERATE PONOROGO,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kembali dari sh winongo madin ttp jaya selamanya ALLAH hu AKBAR
      stk jaya terate gatel

      Hapus
  13. "Sak apik-apik'e wong yen tanpo pitulungan marang dedemitan"

    BalasHapus
  14. te aya jelema nu sampurna.
    te aya ilmu nu abadi.
    te aya S-H nu ngajarkeun pambeda ku batur.
    saha nu ngajarkan pambeda ku batur.
    eta S-H nu Palsu.

    hayo siapa yang jaman belum disahkan jadi warga tapi udah di ajarin kalo perguruannya paling benar, paling kuat.

    apa perlu di sebar ke publik biar semua tau kebusukannya........

    salam dari tanah Pasundan.

    BalasHapus
  15. hoala rizki cah caruban....ngerti lawng oro,yen ra ngerti tak wenehi ngerti iku ngono cangkemu ha ha.gmn ya punya duit lgsg disahkan iku bukan nmnya INSTAN / KARBITAN....MEDIOEN LOR

    BalasHapus
  16. pembuktian sebagai pendekar sebaiknya kita buktikan dipertandingan ipsi, siapa yang terbaik...

    BalasHapus
  17. Kita tlusuri saja skrg SH Terate dan SH Winongo banyak mana ? jmlh yg byk itu merupakan pamor atas konsistensi dan disiplinnya atas perkembangannya.

    Kok sy dak pernah dengar SH winongo jadi juara di ajang Atlit pertandingan Pencak Silat.

    Dimana - mana kebanyakan yg menang kok tetap SH Terate

    BalasHapus
    Balasan
    1. SH T tingkat 1 memang di latih untuk bertanding.

      Hapus
    2. lagi tgkat 1 kmlinti srekel raimu modar jalok pirang umbengan
      terate jancok

      Hapus
  18. Koyok Uchiha karo Senju Ae ki.

    Yang penting Happy.

    BalasHapus
  19. Hidup bendera NETRALISME jika memang anda seorang pendekar sejati seharusnya mencintai perdamaian bukan malah sebaliknya. Sebenarnya SH baik SHT maupun SHW mempunyai alasan yang mulia, jadi buktikanlah bahwa itu benar benar baik. Ciptakanlah perdamaian.

    BalasHapus
  20. SUMBER SH PANTI
    Di SH Panti tidak mengenal jurus keramat juga tidak mengenal jurus dasar ataupun AA seperti di SH Tunas Muda jadi Jangan terlalu yakin dengan omongan pendiri SH Tunas Muda (Suwarno) seolah olah sama dgn Panti justru kalau ditinjau dari sarat pengecerannya lebih mirip SH Terate seperti Mori, daun sirih, ayam jago, uang mahar dll, Sekali lagi kalau ada orang SH Tunas Muda yang mengatakan ada hubungan dengan SH Panti, pernah sowan ke Panti itu bohong besar. bahkan setelah berdirinya SH Tunas Muda, pendirinya (Suwarno) tidak berani lagi datang ke Panti. soalnya pada waktu orang panti dengar/tau P. Warno mendirikan/melatih pemuda di desa winongo (sumur bor) kerap kali dipanggil al oleh Pak Ngalimun (SH Panti) tapi dasar keras kepala, akhirnya dibiarkan sampai sekarang.

    Perlu diketahui SH Panti tidak mengenal Suran Agung tapi mengenal Suran saja. SH Panti tidak punya simbol (simbolnya ada pada dirinya masing masing). Tidak ada sesepuh SH Panti yang namanya Bpk Kusni. maaf orang SH Tunas muda jangan ngawur. Ni saya beritahu istilah pengasuh itu diberikan setelah ada undang undang keormasan th 1987 waktu itu Juru Kecer / Pengesuh (Bukan Pengasuh) SH Panti (RM Soemakto alm) geram dengan pemakaian nama nama yang menyangkut SH Panti sehingga SH Tunas Muda masuk IPSI dan SH Panti masuk Paguyuban sehingga di akte Notaris namanya menjadi Paguyuban Persaudaraan Setia Hati.Tahun 1964 SH Panti tidak pernah mengalami kemunduran bahkan memang SH Panti tidak boleh mempromosikan diri. sampai sekarangpun belum tentu dalm 1 th melaksanakan pengeceran lebih dari 2 orang. Jadi jelas SH Panti tidak pernah mengijinkan atau memberi pengakuan. Penerimaan anggotanyapun juga tidak ditangguhkan kepada SH Tunas Muda atau lainnya tetapi siapapun boleh masuk menjadi saudara bahkan disini ada dari bebrapa perguruan. Untuk bisa menjadi juru kecer di SH Panti juga tidak sembarangan ada syarat-syarat tertentu. tidak bisa seorang este trap (tk 1 di Panti) karena sesuatu hal/ menghindari kepunahan atau yang lainnya terus melanjutkan pengeceran, terus apa yang akan diberikan ?
    Klo ingin tau Silsilah Juru Kecer di SH Panti ni : 1. Eyang Soerodiwirjo alm. 2. Bpk Bupati Koesnendar alm (Pakpuhnya Mas Imam Kusupangat SHT) beliau hanya ngecer 1 Orang yaitu Sri Pakualam. 3. Bpk Hadi Soebroto alm dan Bpk Karyadi alm bersama sama. 4. Bpk RM Soemakto alm. 5. Bpk. Koes Subakir ( Mas Cuk ) hingga sekarang. Kesemua Juru Kecer ini sudah mencapai tataran Derde Trap ( Tk III di Panti ) terpilih dari derde traper yang ada. Jadi tidak ngawur. Perlu diketahui sebagian besar anggota SH Panti itu justru tidak berdomisili di Winongo itu sejak dari dulu. penulis sendiri juga heran ! contoh mas Cuk sendiri berdomisili di jalan Barito Madiun.
    Tingkatan di SH Panti :
    1. Este trap (Tk 1 )
    2. Tweede trap (Tk 2)
    3. Derde trap (Tk 3)
    Sekian, penulis mohon maaf jika ada yang tersinggung, kami komentar karena nama SH Panti dibawa bawa yang informasinya tidak benar. tanpa tendensi apa apa SH Terate lebih kesatria berani menunjukkan jati dirinya yang sesungguhnya kami sangat menghargai itu mudah mudahan diikuti oleh SH lainnya.

    Sebenarnya yg terjadi perpecahan organisasi adalah SH Winongo yaitu menjadi SH Panti Winongo (rumah peninggalan Eyang Suro) dan SH Tunas Muda Winongo yg memulai kegiatannya th 1965. bahkan di SH Tunas Muda Winongo sendiri sempat akan terjadi perpecahan sewaktu kelompok Patihan (STK Boxing) menyerbu padepokan SH Tunas Muda Winongo,saya sendiri ikut prihatin atas kejadian tersebut. semoga kita bisa selalu mawas diri dan tidak mementingkan diri sendiri.

    Salam Persaudaraan !!!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk qta blajar jurus kagebunshin'a naruto wae lah...
      baru bela negara, ....
      hahahaha

      Hapus
  21. bila semua menganggap benar maka ber SH lah pada diri nya sendiri!
    SALAM PERSAUDARAAN

    BalasHapus
  22. Konon kabarnya mbah suro prajurit Diponegoro??? Jelas itu fakta yg salah kaprah..

    Fakta yg sebenarnya :
    Muhamad Masdan lahir pada 1869 di daerah Gresik (Jawa Timur). Kelak kemudian putra tertua Ki Ngabehi Soeromihardjo ini dikenal dengan dengan nama Ki Ageng Hadji Ngabehi Soerodiwirdjo (Eyang Suro).

    Perang Diponegoro (Inggris:The Java War, Belanda: De Java Oorlog), adalah perang besar dan menyeluruh berlangsung selama lima tahun (1825-1830) yang terjadi di Jawa, Hindia Belanda (sekarang Indonesia), antara pasukan penjajah Belanda di bawah pimpinan Jendral De Kock[1] melawan penduduk pribumi yang dipimpin seorang pangeran Yogyakarta bernama Pangeran Diponegoro.

    Jadi kebanyakan kita tidak memahami sejarah tapi berani menulisnya...
    Sya juga menyangsikan cerita diatas.. semua hanya isapan jempol...

    BalasHapus
  23. KOMENTAR SALAH KABEH,,GOBLOK DIPELIHARA...SEMUA ITU katanya katanya,,KATANYA SIAPA???? NDAK RA ROH DW AE KOMENTAR JELASNE SEJARAH...KEMINTER

    BalasHapus
  24. kamang@....kadengaren komentare masuk akal...hehehehe

    BalasHapus
  25. ngco'o tow hoe wong-wong terate jo ngrumungso bner,gek jo kok banggakne fisikmu ae.trae mgelake drimu ke.STK PONSEL
    JAYA STK...............

    BalasHapus
    Balasan
    1. bsuk minggu tgl 2 desember 2012 ada gelanggang bebas nek enek cah terate munggah tak entek'ne ng panggung kuwi mau...

      Hapus
  26. Yang penting adalah Islam sampai mati,bukan yang lain,.
    Perlu kita ketahui bersama,bahwa Hati adalah pusat dari segala perbuatan,.
    Maka disitulah letak pertanggung jawaban kita kelak,.
    Karena Hati kita tidak akan pernah Mati.
    Karena Hati ibarat barang buti.
    Itulah sebenarnya yang akan kita bawa kehadapan Illahi Rabb,untuk dipertanggung jawabkan dari perbuatan masing2 dari kita.
    Karena tidak akan ada kebaikan dan keburukan,melainkan dari HATI.
    Jadi bukan Matahari yang kita bawa ke hadapanNYA,melainkan HATI.

    Salam Persaudaraan 1922 Banjarmasin.

    BalasHapus
  27. Lambang Persaudaraan Setia Hati Terate sudah jelas melambangkan Hati.
    Mungkin kalau kita mau merenungi arti dari lambang tersebut,.
    Pasti kita akan sadar dengan sendirinya,.
    Bahwasannya pusat kebenaran Haqiqi itu terletak pada HATI...

    Salam Persaudaraan...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. artinya hati bagaikan bawok mambu pejuh.......................

      Hapus
    2. ndasmu johh jancukk,,,winongo gatell,,,
      ra rety totokromo mbayar ngombe kopi dadi warga,,,johhh,,,celeng,,gathell

      Hapus
  28. sesama warga negara indonesia kenapa harus bertengkar,.,..
    gimna ntar kalau ada penjajah datang..msak kita tidak bisa bersatu untuk melawan penjajah itu.../???
    ...
    coba' RENUNGKAN..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkkwkw.yo dilawan bareng mas.iki gen ge latihan.ben terbiasa perang....

      Hapus
  29. Menyimak aelahh

    LAMPERS ALL

    BalasHapus
  30. qta mending bersatu kayak dulu aja.....
    qta dri Perguruan yg sama yg dari SH....

    bersatulah SH Winongo dan SH Teratai.....

    kasihan Eyang Suro.........

    BalasHapus
  31. sh terate tai kirek ojo melu-melu mori kok di sembah godong suruh meh kok nggo masak to we sek bayi gk ngerti opo-opo....

    BalasHapus
    Balasan
    1. asu lambang gambar cawet omong ae koyok roh roh.o dasar cah ndol pekok ragotro

      Hapus
  32. kirek wanine keroyokan gk wani ijen²...banci tarah yo kirek di balang mlayu.....singkatan TRD{Terate Raja Dodol}

    BalasHapus
  33. Salam Persaudaraan
    setelah baca2 artikel di atas m komentar2 kangmas
    ternya sh winongo itu perguruan yang tidak di restui sama eyang suro
    untung aku SH Terate
    Berani Karna Benar
    Takut Karna Salah
    Hidup dan Matiku Hanya di Tangan Sang Pencipta

    BalasHapus
  34. ngaca dulu sh terate mau sh winongo tu sama aj jgn berantem kita satu guru satu jiwa???tp bwt sh terate jng bngga dlu...karna aq lihat di desa q sh terate licik bngt gk brni adu depan???\

    BalasHapus
    Balasan
    1. st t og ra wani adu depan to?isin ngisini.

      Hapus
  35. sh terate tarah asu makane di celok kirek????ojo sok jagoan gk wani ijen....terate di wilayah q ngakoni kalah coz emng banyak salah sh terate???

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak salah kah mas seng di celok kirek STK kan singkatan Sedulur Tunggal Kirek.

      Hapus
  36. rasah rame rasah do padu,pokok_e becik ketitik olo ketoro,SH TERATE KIE APIK SH WINONGO YO LUIH APIK,

    rasah do ngomongne jaman ndisik,tontonen sak iki ae seng gaweane gawe rusuh SH opo,seng wanine kroyokan SH opo?

    ket jaman aku jik cilik nganti sak iki aku wani misui+ndupak_i koe2 kui kok yo ijik ae padu perkoro kui,(aku wong netral lho mas)

    neng sak ngertiku kui SH WINONGO wonge ora koyo SH TERATE,SHW kui ora do grudak_druduk ngroyok bature,ara do ngetok2ne malahan,yen SHT,seneng gae onar,tawuran kono kene,rumongso menangan dewe,

    opo wes podo krungu yen SHW gawe rusuh?yen neng daerahku mesti angger enek geger2an yo mung cah TERTE,

    bola balio aku kie cah netral,ora mudeng sejarahe SH,mugo2 ndang podo akur,ora enek rusuh2 meneh,trus SH terate mbok ojo gawe rusuh wae to,mesakne seng ora medeng opo2 ngene iki,

    BalasHapus
  37. Salam Persaudaraan, saya warga PSHT asal Borneo. Disini aman damai, malah sy kenal baik dg warga SHW dan biasa sharing mengenai SH. Saat terjadi kerusuhan antar etnis pd th 1997-2001 di kalbar pernah ada warga PSHT dari etnis Madura diselamatkan warga PSHT dari etnis Dayak.. ini membuktikan ajaran SH yg melintas batas. Trus terang suasana saat itu sangat mencekam dan ngeri ketimbang rusuh di Madiun. Sy heran kenapa banyak tersinggung dari opini yg hasil copy paste di blog ini, yang tentu saja kebenaranya tidak sesuai sejarah & yg membuatnya jg entah siapa bisa jadi mau adu domba. Opini balas opini, dengan fakta. Kalau ada warga psht yg mengeroyok itu bukan perintah organisasi tapi oknum begitu juga sebaliknya dari SHW. Kalau komen sampai mengeluarkan kata2 kotor sy jadi menyangsikan tingkat kecerdasan orang tersebut entah berada dilevel berapa... maafkan lau ada kata yg salah. 1 hal juga di blog ini juga bnyak arsip dari perguruan lain... tapi entah kenapa di arsip yg ini semua bereaksi jelek... biarkan berpendapat kita yg tahu kebenarannya meluruskan... jangan over reactive....

    BalasHapus
  38. Arek Blangsat podo ngumpul,,, dasar cah nongo madesu kismin... iso gelut pora kwi kwakakakaka

    BalasHapus
  39. PSHT PERGURUAN BESAR BGTU PULA PSHW...TETAPI DI SAAT MLEM SURO BANYAK WARGA-WARGA KAMPUNG RESAH DENGAN OLAH PSHT ORANG LEWAT/PUN LIHAT MESTI JDI SASARAN PSHT...BAHKAN MERUSAK WARUNG-WARUNG YG TIDK TAU APA-APA..MAKANYA MIKIR JAMAN SEKARNG CRI NAFKAH AJA SUSAH MASIH NGERUSUH I TANGGANE AE?????

    BalasHapus
  40. assalamu'alaikum...wr. wb
    semoga keselamatan dak kebahagiaan menyertai kita semua amin....
    salam persaudaraan
    salam sejahtera

    warga PSHT yang saya cintai warga PSHW yang saya hormati, dan kepada semua pendekar....yang saya hormati pula

    manusia adalah tempatnya salah dan lupa
    tiada hal yang bisa membenarkan kebenaran di dunia ini kecuali TUHAN" ALLAH SWT.
    saya kira penedekar itu tak cuma pintar silat, namun juga harus cerdas.... dan kebayakan orang cerdas selalu memikirkan apa yang di ucap, berkata baik.. gak asal asalan...namun ternyata penilain ku salah....... masih banyak yang sok tahu.....
    "kita ini adalah pemuda, baru kemaren kita lahir kita gak tahu apa apa tentang sejarah dulu kita hanya dengar dari kakek maupun tulisan..dan semua itu belum ada yang berani menjamin kebenarannya,? kenapa semua kok sok tahu.....tapi yang saya tahu SETIA HATI tak mengajarkan kejelekan, tukang buat rusuh, dan hal2 yang bertentangan......
    yang jelas pada akhir zaman nati semua kebaikan dan keburukan bakal terungkap..
    terima kasih wassalam
    mohon maaf jika ada kata yang salah , saya pemuda PSHT yang masih perlu banyak belajar, dan mecari kebenaran....
    salam persaudaraan.........

    BalasHapus
  41. dasare wong indonesia ki seneng tawuran kawet biyen,,,persatuan2 ki ngor ngo gedok tok2 mas2...wes salah kabeh iku,,,nek arep tawuran ae ga sah ngowo2 persatuan,,,persatuan opo lha wong indonesia kawet biyen yo rong bersatu,,,prett,,,

    BalasHapus
  42. pagar nusa yg jaya......! :D
    sh itu :(|)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pn ui lambange sundok pentol seng di gae nyundu.i
      basin

      Hapus
  43. PSHT,PSHW,SH PANTI dan SH lain'nya itu tetap satu rumpun kita semua tetaplah saudara meskipun semua perguruan ini tidak pernah ada, manusia d ciptakan saling membutuhkan satu sama lain.
    jadi ayolah kita dewasa dikit biar ngrti apa itu persaudaraan yg sbenar'nya. apabila kalian seorang warga dari slah satu perguruan apapun itu, kalian tetap saja belum bisa d sebut seorang pendekar jika belum bisa mnahan hawa nafsu dan mengendalikan akal sehat klian masing2 agar tidak selalu bentrok.

    maaf jika ada salah kata karena saiia hanyalah seorang mnusia biasa yg brusaha mnjadi pndekar d hati kluarga nusa dan bngsa, tidak ingin mnjadi seorang pndekar yg hanya mmntingkan diri sndiri.

    wasalam
    by: siswa PSHT Lampung Selatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. goof luck..biarkan mereka mencari jati diri nya mas.entah ketemu atao tidak mereka yang tanggung sendiri akibatnya nanti.

      Hapus
  44. geger ssan kono
    buktekne sopo sing kuat
    trus sampe
    ngunu ae repot
    wong repot ae ra ngunu og.,.,.,
    saiq geger po damai
    kui dalane.,.,.le.,.,.

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  46. wo Alllah kok padu kabeh !!!
    POSTINGANE JUGA SEH, MENGADU DOMBA !!!?

    BalasHapus
  47. TETEPsh terate seng jaya selamanya ..............AMIEN ???/?

    BalasHapus
  48. jancok kabeh

    ayo gelot q warga KS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul wi mas broo ketek ki wayae ng kandang ae..
      salam psht cabang dolopo selatan
      1922 tetap jaya

      Hapus
  49. SHT JANCOK ASU ITEL
    wanine tawuran cok,banci....gwo rok wae lah

    dadi lonte ae

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas di jaga mulut...? seng ra wani gelut iku seng di jeneng ke banci.

      Hapus
    2. weki ng kandango ae jo kakean cangkem

      Hapus
  50. wes g usah geger...mendingan kenthu ae...

    BalasHapus
  51. kbeh rumongso bnr?
    Sjarah yang tau adlah Tuhan dan Beliau" yg tlah wafat?
    Skarang arti dri itu smua adalah tergantung dri kta sndri?
    Memayu Hayuning Bawono...

    BalasHapus
  52. yen aku sing paling cocok yo KENTHU,tawur loro kabeh tp yen KENTHU penak kbh..

    BalasHapus
  53. orang yang bodoh adalah orang yang membagakan dirinya sendiri ,yang saya tau orang yang berilmu adalah kayak padi makinberisi makin tunduk bukan makin berisi makin mendongak ,itu namanya lalang ,bodoh smua, sh itu satu cuma yaitu yang didirikan eyang suro kenapa orang di bawahnya eyang suro semua berantem , bodoh bener orang , sh itu tujuanya untuk selamat di akhirat nanti , yaitu mengenal tuhan sang pencipta ,lawong anda semua gak kenal tuhan anda, makanya jadi kayak gini, yang betul2 orang sh adalah orang yang kenal siapa tuhanya, saya mau tanya anda semua ada yang kenal tuhan anda gak ,lawong hidup gak kenal tuhan nya aja kok bangga

    BalasHapus
  54. hidup gak kenal tuhan aja kok bangga.hoalah

    BalasHapus
  55. INGATLAH HIDUP KITA HANYA SEKALI SAUDARA2KU TERCINTA.. JIKA ENGKAU MENGENAL ALLAH DAN NABI MUHAMMAD SAW DAN PARA SAHABAT DAN PARA WALI YANG ADA DI TANAH JAWA INI..SEMUA INI HANYALAH TUJUAN ALLAH..DIMAKSUDKAN KITA BISA MENCARI KEDAMAIAN DIDUNIA DAN AKHERAT..

    UNTUK APA KITA SALING MEMBENARKAN PENDAPAT KITA MASING2.GURU KITA SENDIRI HANYALAH MANUSIA BIASA DIA HANYA MEMBAWA BEKAL ILMU YANG SAUDARA MENGERTI ITU..TETAPI ILMU DARI ALLAH SWT LAH YANG PATUT KITA JALANKAN DENGAN BAIK DAN BENAR...SEMUA AKAN KEMBALI KEPADANYA..KITA SUDAH DEWAS DAN BERKELUARGA BERTAMBAH UMUR...KITA HARUS MENGINGAT JALAN KITA KESANA...JIKA PERSAUDARAAN INI BISA BERSATU TENTU GURU KITA PASTI BANGGA TERHADAP KITA....GURU KITA PASTILAH MENERIMA DOA DAN SIKSA JIKA KITA MASIH BERBUAT BEGINI..

    AYO SAUDARA2 KU MARI KITA BERGABUNG LAGI MENEGEKAKKAN JALAN KEBENARAN DITANAH JAWA INI...

    SIAPA YANG MAU IKUT???TIDAK USAH BERKELAHI LAGI NYAWA KITA CUMA SATU DAN KITA HARUS PERSEMBAHKAN ITU KEPADA ALLAH SWT AMIEN...

    by.DHYPNOOS

    BalasHapus
  56. assalamulaikum.wr.wb
    maafkan jika saya lancang dalam berbicara,..
    saya hanya ingin mengatakan sesuatu,SH TERATE dan SH WINONGO,untuk apa kita berdebat jika pada akhirnya hanya akan membuat kita menyombongkan diri,sadarkah kalian akan apa yang kalian lakukan sekarang,di dunia ini tak ada yang lebih bagus atau lebih jelek dimata Allah,semua sama dan semua adalah satu,yang membedakan hanyalah ketaqwaan kita kepada Allah serta sikap dan perilaku kita masih/sudah keluar dari ajaran islam.
    saudara-saudaraku,untuk apa kita merasa benar dan untuk apa kita merasa kuat jika pada akhirnya itu hanya akan menimbulkan perpecahan diantara kita,bukankah Allah tidak menyukai umatnya yang menyombongkan diri atas apa yang ia miliki,..
    yang berlalu biarlah berlalu,jika dimasa lalu SH TERATE dan SH WINONGO pernah terjadi perpecahan,biarkanlah dan kita bangun kembali rasa persaudaraan kita sebagai seorang muslim/ahli kitab.marilah kita saling koreksi diri masing-masing,apa untungnya jika kalian saling bermusuhan,yang ada hanyalah akan merugikan diri kalian.
    saya harap antara SHT dan SHW bisa memperbaiki tali silaturahmi,dan tidak ada lagi rasa permusuhan didalam hati.
    maaf jika saya telah salah bicara atau apa yang saya katakan menyinggung perasaan anda,saya tidak pernah bermaksud seperti itu,saya hanya ingin mengingatkan sja,.
    wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  57. q ch netral g melu2 pow2,
    Ayo sng PSHT maju kne,
    Ng rantau gak eneg pow2 ne,
    Wani ne kur kndang n kroyok'an,
    Lek dewe kyo kol didulek,
    Jancooooooook PSHT,

    BalasHapus
    Balasan
    1. la trah koe kondang og mas...pendekar netral ilmu tinggi..

      Hapus
  58. damailah saudaraq....bwat ap sech trus2an brseteru,,,,????????,,,bkankan qt smua saudara,,ingatlah qt mmpunyai nnek myang yg sma yaitu;NABI ADAM,,,,,
    trus apkah gru2 n pngasuh lian mngajarkn ilmu untk msuhan??????,,bkankah ilmu itu hnya untk bla dri qt,,,!!!!!!!jka klian mnggunakn ilmu itu untuk msuhan/mncari msuh bkankah itu mnyalah gunakan ilmu.....
    sekali lgi "DAMAILAH SAUDARAKU(SH WINONGO & SH TERATE)"


    BY:imronkk56@yahoo.com
    twitter:@imron_kk



    "b'cah ashwin bumi reog"

    BalasHapus
  59. lebih baik diam dari pada kebanyakan ngomong tp gk tau apa apa......

    BalasHapus
  60. stk tetap jaya dimanapun brada....


    slam stk.........

    BalasHapus
  61. saya pasgujati,...
    menjunjung tinggi kejujuran dan kebenaran,
    salam buat semua pendekar,..
    setelah saya baca semua komentar di atas, jujur saya prihatin,...kenapa kita harus terus menerus memendam dendam di hati...kenapa kita tidak sadar bahwa apa yang ada di dunia ini hanya sementara,...
    sebagai orang nasionalisme dan sebagai pemuda bangsa indonesia,...ingatlah akan sumpah pemuda,...perbedaan adalah jembatan untuk persatuan,...bukan malah terjadinya perpecahan,...
    semua ilmu, semua perguruan, dan semua organisasi, semua itu punya sejarah masing-masing, jika kita saling salah menyalahkan, dan saling berebut kebenaran apakah akan ada ujungnya...????
    sikap pendekar adalah saling hormat-menghormati, bukan saling menyakiti,...
    saya bukan Orang SHT, atau SHW, tpi saya orang indonesia.
    hargai sejarah masing-masing, terus kembangkan bakat diri dengan satu tujuan, untuk kemajuan indonesia.

    BalasHapus
  62. mbok pendekar sht atau sh tunas muda sekti kuat, jaya,pinter, tp nek ra glm iman karo gusti alloh ,wes ora oleh gae,,,

    slm asalamualiakum bocah remuk

    BalasHapus
  63. BUAT YANG PUNYA BLOG...SEGERA MENUTUP BLOG NYA, JANGAN MENYEBAR INFORMASI YANG MENYESATKAN SEHINGGA MENIMBULKAN PERPECAHAN LAGI....

    BalasHapus
  64. Hari gini kok masih suka kelahi.... Malu dilihat anak yg lagi belajar untuk mencintai perdamaian.

    BalasHapus
  65. jnacok kokean omong kabeh wanine kor kroyokan kilo lek wani karo putune SURO MENGGOLO

    BalasHapus
  66. ingat bung kita sesama muslim tetap saudara...

    ASHWIN

    BalasHapus
  67. kalau para pemuda kita saling bentrok satu sama lain....kapan negara ini bisa maju...??????.

    BalasHapus
  68. Masyaallah semua baik KS,SHW, juga SHT kan dari STK awalnya, jangan saling bersiteru dong kalau bisa kita saling AISITERU .....^_^

    BalasHapus
  69. gak enek seng bener kabeh...
    neng aL-Qur'an kui ra enek kabeh...
    Nabi Muhammad tidak mengajarkan SH
    mau Panti,Winongo atau terate....

    organisasi hanya menimbulkan perpecahan

    BalasHapus
  70. salam persaudaraan
    gak usah ribut kita selesaikan lagi aj biar tambah rame,adu jotos ae cak

    BalasHapus
  71. salam damai,
    bukan saatnya kita adu kuat,,,lawan kita bukan bangsa ini sendiri...tapi bangsa lain yang mengganggu kedaulatan negara kita...aku gak belajar silat tapi aku belajar gawe BOM karo hacker IT, kakean polah sampluk roket mengko, mosok roket arepe ditangkis?? wong saiki jarang do tirakat gak ampuh koyo jaman simbah...wis saiki damai wae, podo dosane yen podo tukaran....

    BalasHapus
  72. WIN0NGO ATAU SHI NGJAK PERANG DI DAERAH BROND0NG LAM0NGAN TPATX TGL 11.02.12, DI AJANGI KRO SH TERATE LHA WIN0NG0 KOQ KABUR, MANGKANE JGN COBA2 MAU ACAK2 PSHT. DI GANYANG TAU RASA KAMU WIN0NGO.

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum wr. wb.
      dari semua posting yang aku baca ada yang aku mau tanyakan pada semua dulur2
      1. siapakah diri anda?
      2. siapakah tuhan anda ?
      3. Siapakah yang menjalankan semua komponen dalam diri jiwa anda semua? dan siapakah yang akan mengambil nyawa anda ? kalu anda bisa menjawab ini berarti anda sang pendekar kalau tidak bisa menjawab berarti panjenengan sedoyo tidak faham,
      orang yang hidup it aslinya mati karena ada semboyan "ora ono doyo kang sumingkir kejobo pitulungi gusti kang murbeng dumadi,


      Pesan
      untuk semua perguruan pahami perguruan kalian jangan mengandalkan fisik kalian karena kekuatan yang sejati adalah kekuatan tuhan dan fisik kalian tidak berguna jika lau tuhan tdk mau dg kita ingat kita tdk punya kekuatan jgn mengatakan ayo berantem dan berantem justru it adalah mengundang kemarahan tuhan karena simbol milik yang sejati di pakai oleh manuasia yang biadap oleh sebab itu carilah tuhanmu dan kenalilah dia dan jangan mencari musuh dulu kalau tidak kenal tuhanmu dengan benar dan jangan mencari musuh kalau tidak tau dirimu sendiri it siapa (" jer lahir utusaneng bathin")pahami itu jangan cari masalah sebelum tau it,

      untuk semua perguruan terutama SH terate dan SH winongo kalaian di ajari ke SH-an knapa tidak kalian pelajari betul knapa justru adu jotos yang kalian ajarkan saya pribadi menggap yang berkelehi it bukan PSHT atau Winongo tetapi manusia yang tidak sadar diri akan sejatineg hidup dan tidak mendalami PSHT n SH Winongonya yang di ajarkanya,

      Pesan Umum
      jadi tolong ketika berantem jangan membawa nama PSHT atau SH Winongo bawalah diri pribadi kalau anda mengku warga PSHT atau SH Winongo sucikan orgamnisasi it dia tdk berdosa kalian lah yang salah saya mengibaratkan PSHT dan SH Winongo adalah Rohani dan jasmani adalah manusianya selamanya yang salah it jasamani atau manusianya maka jangan menyalakan ROH atau PSHT atau SH Winongo, sadiri diri kalian................dari apa kita di jadikan sunggu hina kita....................................................................................................................
      terima kasih
      wassalamualaikum Wr.wb



      salam Persaudaraan (PSHT)

      Hapus
    2. bener mas...!! ra usah kakehan ngomong nek podo duwe keahlian gelot mbok yo'o di gowo neng ajang pertandingan.
      nek menang kan iso ngarumke nama perguruan. wong tuwa mu jg melu seneng gelutan kok di bagak2 no...!!!
      wes lah mu gelutan.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  73. yo ngene ki lho bobroknya mental remaja indonesia.....neng endi2 gelot gwo gendero organisasi mbok jajal nek gelot ki jo gowo organisasi gowo merah putih ngunu lho dadine podo wong inonesiane......ben kkaruan ndunyo kiamat podo dulur podo warga gelot bacok2an...

    BalasHapus
  74. Oawalah gelut ae,,,,,,
    Neng kene cah T ro cah W pdo akur,,,,
    Kabeh mau garek bocae,,,,
    Ura kabeh cah T kui koyo opo seng lgi di debatnet,,,,
    Bgitu jga karo cah W, ura kabeh cah W kui koyo pdo seng di omongke kui,,,,

    Kabeh ajaran kui podo,,,, opo enek pas latia di omongen kae cah W musuhe cah T dadi nek ketemu pateni ae,,,,
    Bgitu jga sebalike neng latian cah W yo ura enek pelatie ngakon ngono kui,,,,,,

    Wiss ra sah pdo ribut,,,,,
    Ber SH ae karo awak e dewe sek,,,,,

    Salam persaudaraan
    Dari Pashter riau

    BalasHapus
  75. kok gak bermutu kabeh.. kabeh sejarah mung KOPY PASTE lan KATANEEE thok...
    lek gk ngerti yo rasah sok ngerti, keminter...

    tobato rek... rasah bangga nduweni ngonok an, TUHAN tetep satu, sadar ae lek urip di ngge opo..

    BalasHapus
  76. dari pada gae blog seng gx bener garek copy/paste gek gak reti asline... mendeng g sah gae... lak germek gae geger tok.... hapus ae blog'e ........

    BalasHapus
  77. nek pengen podo ngerti critane, matiyo disik takono karo sesepohe SH seng wes mati.
    ora dadi beras bro....?

    BalasHapus
  78. yoh" gek kok podo padu ra karuan, , , , ,kabeh kui podo ae mass,,, arep kui SHW po SHT podo kabeh iku,,podo manungsone... 2012 iki mass kok sek usum gelot,,,,golek duit ae angel,,,, sing penting golek duit,golek sedulur golek konco,,,,ojo podho mandang lan mbedakne gambar utawi perguruan,,,, mending gotong royong lan saling membantu,saling menghormati saling menghargai

    bares ae q wani komen koyo ngen q dewe jane wong terate tapi q yo ga nyalahne cah STK utawi mbener ne cah SHT kabeh kui podo kabeh manungso diciptakne kalian GUSTI ALLAH,,,,, awake dewe neng ndonyo mung mampir ngombe,,,mbesoj mesti mbalek meneh nang sing nyiptakne,,,,mending podo damai ngopi bareng mangan bareng mumpung sek iso ngopi lan mangan,,,,po yo sak lawase urip e sampeyan" kui areo geloooot ae? ? ? ? anak bojone sampeyan mbesok arep kok pangani po yen sek podo gelot ae? ? ?q neng kene deso q cah TERATE kidul deso q cah STK ,,,,,tapi podo akur saling membantu wes tta ga usah podo padu,,,ayo ndang podo sadar,,,, sepurane yen enek salah kata" utawi nyinggung sampeyan" sedoyo. . . .

    salam persaudaraan
    ASHTER ASHWIN juron lan ngemplak ngariboyo magetan

    BalasHapus
  79. lambang PSHT adalah hati,tapi mreka pada tidak punya hati,otak pun ga prnah di pake,mirip hewan yg bernama anjing alias asu bin kirik...
    ya wajar saja pengikut SHT adalah kbnyakan anak2 kampung,bocah2 angon yg tidak prnah nguntal bangku sekolahan,jadinya susah di atur mirip kirik....


    pisss STK JAYA...

    BalasHapus
  80. SH terate & winongo neng nggonanku podo konco,ora eneg sing gelut.
    Konvoi bareng2.nyandi2 bareng.bahkan melu organisasi liyo yo eneg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ublus ra percoyo aku kang2.......

      Hapus
    2. AREK PSHT gk onok sng melok organisasi liyo. PSHT yo PSHT

      Hapus
  81. wes kono lah do geluto dw.memang wong pencak yo kudu gelut.tapi pendekar menang ora kudu gelut.

    BalasHapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  83. mendeng numpak vespa muter2 kuto medion!!!salam konco2 adit margobawero 1922!!

    BalasHapus
  84. Jika salah satu ataw sebagian kecil dari sawatu kaum murtad/bejat morale,mka kaum trsbut akan di anggap jelek oleh kaum laen...
    Ikhlas'kah anda sbagi pmimpin/anggota kaum tersebut,yg ikut mrasakan akibat dari tndakan sbagian kecil dri kaum anda,namun tndakan skcil itu mmberi nama buruk untuk kaum besar anda...
    Tndakan apa yg harus anda lkukan trhadap orang trsebut...?
    Wahai seluruh anggota ashwin & ashter yg saya hormati.
    Dari kta'' sya d atas sdah jelas,jika smua organisasi mngjarkan kbaikan.
    Tapi krna ada sbagian oknum dri organisasi anda yg bejat morale,nggak punya otak,goblok,ola-olo,ndah-ndoh''.mka klian akan salin berantem/twuran.
    Kalian dari organisasi besar sharusnya bisa mnjaga anggota organisasi anda,dan mencabut KECER/mngeluarkan oknum yg bejat morale,ola-olo,ndah-ndoh'' tadi dari organisasi anda,krna orang tersebut telah melanggar SUMPAH ke-SH-an.
    Dan saya tegaskan,UNTUK SELURUH MANUSIA,JIKA ADA KJHTAN/KKJAMAN ANDA JANGAN MENYALAHKAN ORGANISASINYA,SALAHKAN OKNUM YG BEJAT,OLA-OLO,NDAH-NDOH TADI.KRNA SEMUA ORGANISASI,KUSUSNYA SETIA HATI,TIDAK PRNAH MNGAJARKAN UNTUK BERBUAT TIDAK BAIK.
    Dan msalah sejarah baik dari ashwin maupun ashter,aku rasa anda tdak perlu mncari kebenaranya,karna KEPADA SAJA ANDA BERTANYA,SUDAH D PASTIKAN ANDA TDAK AKAN MNEMUKAN JWABANYA,KRNA SMUA ITU ADALAH RAHASIA TUHAN.
    Dan sejarah yg ada skarang,anda tdak perlu mempercyainya 100%.krna smua hanya cerita turun temurun.meskipun itu di bukukan,blum tentu isinya benar.
    Waullahhua'lam.hanya tuhan'lan yg tau.

    BalasHapus
  85. PSHT : Perkumpulan Saudara Hebat Terpuji
    STK : Sedulur Tunggal Kecrek.




    ashter malang 1922

    BalasHapus
    Balasan
    1. stk @ sedulor tunggal kunyok.........

      Hapus
  86. terus apa yang bisa kalian dapat dari saling ejek, saling membanggakan diri sendiri??
    okelah kalian semua punya opini masing" tentang bagaimana asal usulnya..tp saya juga pernah baca artikel itu di beberapa situs..jadi apa opini kalian bisa dipertanggung jawabkan???
    .kalau petinggi" nya saja berharap kita saling damai...knapa mesti ada rusuh...knapa bulan muharam menjadikan madiun sebagai tempat yang mencekam...bayangkan kalau 2 perguruan bisa salning menghormati satu sama lain...bulan muharram bisa menjadi daya tarik masyarakat luar madiun untuk datang kesini karena keunikan pencak silat di madiun yang ada di madiun....apa kita terlahir sebagai pendekar untuk mencari musuh???tentunya tidak kan..mohon direnungkan lagi...

    BalasHapus
  87. halo broo... dan sebelumnya salm persaudaraan.. pernah ngak sekali kali berfikir kanapa ilmu yang kita pelajari namanya ilmu bela diri..? kenapa sech bukan kabur diri..? bukan ampun diri..? bukan serang diri..? sesepuh kita, eyang kita, dan panutan kita. juga belajar bela diri koq. bukan yang lainya. sadar ngak sech law ilmu kita ini masih se ujung kuku. saya pribadi yang sudah di kecer taun 2009 merasa hanya mendapatkan latihan fisik. sementara yang namanya pendekar adalah fisik dan batin. maka dari itu saudara saudaraku. dari pada kita sibuk gelut, lbih baik kita belajar kebatinan. agar kita menjadi pendekar sejati. manfaatkan masa mudamu untuk hal yang positif. jika tidak, hal yang negatiflah yang yang memanfaatkanmasa muda kita.


    yogi sugiarto
    sh terate cab. berau

    BalasHapus
  88. sepiro gedene sengsoro yen tinompo among dadi coba, sepiro gedene pentol telu ra iso ngalahne pentole tanggaku wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepiro gedene godhong waru ora biso ngalahake pentolan telu
      sh kontol sh siapa ya...... ya sh terate jancok
      terate jancok
      terate jancok
      di bunuh saja
      kakean gacor bikin masalah di jak sambung wani ne kroyok an
      garuda di dadaku stk kebanggaanku kuyakin hari ini pasti menang
      ya terate pasti jancok
      1922 terate sh bajingan

      Hapus
  89. apa nh ikut2an z PN & KS.?
    rezpecsdd & Usaha Kita
    jgn ikut campur...

    BalasHapus
  90. Sudahlah buat apa ribut-ribut apa yg mau di banggakan,medingan seng podho akur.do makaryo iso seneng atine,ngumpulke duet sak akeh-akehe bojo ayu awak lemu,masa tua bisa bahagia.

    BalasHapus
  91. podo ngopo yo.mbok yo podo sadar
    mbok yo podo di pahami opo sing arani pendekar
    pahamono ajaran perguruan
    kabeh ajaran perguruan yakin mesti apik ra ono sing olo
    ojo podo dumeh seneng adigang adigung
    ajo rumongso paling bener
    ngoco wo marang awak e dewe
    akeh perguruan persilatan neng medioen
    mending podo tuker kaweruh
    ben medion maju lan tentrem
    ono kiageng pandan alas ,paestuti lan isih akeh liyane
    podo anteng2 wae ra podo eyel2an lan guyub ukun
    ayo diterapne maknane memayu hayuning bawono sing bener
    di awali soko ati trus neng lati di wujud ke marangtingkah laku lan budi pekerti.
    Insyaallah tentrem lahir bathin

    matur suwun dulur
    saking songolas pitu loro

    BalasHapus
  92. ILMUNE BENER.
    Mung MENUNGSANE SENG GAK PENER.
    GUSTI maringi akal lan pikir ng gk di gunakake.
    GUSTI maringi ROSO LAN PANGROSO,ng gk di ngo ngrasakake.
    Koyo kaulone KEWAN ,di wei ROSO ng gk Rumongso.
    KANURAGAN, KADIKDAYAN, ISO AMPUH YEN ISO NGROSO LAN NGRUMANGSANI.
    YEN GK ISO NGENGGO ROSOMU, KOYO WIT GEDANG LEMU GEDI ,NANGING EMPUK.
    ILMU KUWI MUNG DALAN,KANGGO MANUGGAL MARANG KANG MURBEING DUMADI.
    BEKTIO MARANG BAPAK LAN IBUMU.

    BalasHapus
  93. Masya Alloh.....
    Kalau kita orang SH, sudah seharusnya kita jaga nama baik SH dan kita amalkan ajaran SH dengan sebaik mungkin....
    Amanah dari pendiri SH wajib kita laksanakan kalau kita mau di anggap orang "SH"

    BalasHapus
  94. SH Winongo Ataupun SH Terate...Itu Warisan Leluhur dan bangsa Indonesia yang seharusnya di jaga dan di lestarikan tidak di kotori dengan hal2 yang tidak sepatutnya dilakukan....Saling Asah, Aseh ,dan Asuh,,,
    Jika Anda ingin disebut satria kibarkan bendera merah putih di atas bendera negara lain dan buat lagu indonesia mengiang di nyayikan
    Saya bangga bisa mempelajari dan menjadi warga SH Winongo Begitupula dg Rekan-Rekan Saya disini Warga SH Teratai itu buat pondasi fisik raga dan batin kami
    Alhamdulilah Kami Bisa mengharumkan Nama NKRI di mata Negara-negara Lain..
    Atlit - Ormil(Cab.Beladiri Militer)banglades-Korsel

    Thanks.

    24 Oktober 2012 19:54

    BalasHapus
  95. HAMBAUHAN....!
    Untuk sekarang ini, para pemuda seharusnya terjun aktif dalam kegiatan Karang Taruna,,,
    Tidak usah ikut SH, tetapi ikutlah kegiatan di Karang Taruna (Paguyuban Pemuda) di setiap daerahnya masing".

    Buat kegiatan/event yang positif...
    Contoh:
    1. Kegiatan Peringatan HUT RI
    2. Lomba Futsal antar RT
    3. Lomba Anak-anak
    4. Jama'ah yasin&tahlil khusus untuk Pemuda
    5. Bhakti Sosial

    Untuk info lebih lanjut silahkan Klik:
    www.tunasmuda-esatngumpul.blogspot.com
    FB: Karang taruna Tunas Muda
    Gruop: Tunas muda east Ngumpul

    Mari tunjukan semangat jiwa muda kita dengan kegiatan yang positif di Karang Taruna.
    Insyaalah Indonesia akan maju...!

    BY: Muh Hasyim As'ari
    Ngumpul-Balong-Ponorogo

    BalasHapus
  96. jangan terlalu menyombongkan diri kesempurnaan hanya milik tuhan sang maha pencipta

    BalasHapus
  97. Wes tOo seng Terate panggah belo terate,yang Winongo yo ngapik2 winongo....
    Nama nya orang itu semua pengen bener..pake bawa2 komunis bikin tmbah perpecahan ae.
    Pencak silat gak pernah mendukung komunis,kalau SHW itu komunis,yang pasti pemerintah gak pernah mresmikan/mmperbolehkan SHW tetap berdiri??
    Semua itu hanya kataNya kataNya dan kataNya..apa kalian sadar bisa saja sejarah yang qt tdk prnah tau kbenaran sesungguhNya ini di buat2 sama orang yang gak suka sama SH??Mau bkin SH terbelah karna di mana2 nma SH itu gak asing n trmasuk prguruan yang di segani.
    Klu qt Syang dgn saudara2 kita entah itu SHT atau SHW qt buktikan dengan tindakan n mmperbaiki citra di masyarakat.
    Mungkin orang yang membuat sejarah palsu itu sekarang puas karna berhasil membuat nama SH tercoreng??
    Apa gak kasihan sama Eyang Suro??beliau mndirikan perguruan itu bertujuan baik bkan untuk saling memaki kayak gni??
    ..RENUNGKAN..
    Salam damai dari pecinta "SH"

    BalasHapus
  98. mbok sing sopan karo karone .......usume wong sholat breng brengan cidek mesjid.... gak isin karo wong sholat tah?
    gak mungkin malaikat mungkar, malaikat nangkir takok perguruanmu ..... salam damai...

    BalasHapus
  99. salam persaudaraan..........
    setia hati

    BalasHapus
  100. begini lah generasi bangsa kita cuma karena perguruan sampe segitu parahkah mereka,q juga ikut salah satu perguruan diantara kedua perguruan terbesar dimadiun.andai kalian hidup ddaerah terate apakah akan ikut nongo??kalau kaliah hidup diwilayah nongo apa kaliah ikut terate??kita hidup bermasyarakat kita cuma mengikuti aktifitas lingkungan kita,hidup ini realita.jangan saling menggujat kalau kita belum tentu benar.fkir lah bangsa kita yang smakin mundur jangan kalian tidak pernah malu kalau nasib negara kita jauh sangat ketinggalan dari negara tetangga yang umurnya hanya sejagung.berkreasi lah kalian dengan skill yang kalian punya buktikan pada dunia kalau kita bisa.jagalah kehormatan perguruan perguruan kita,jangan sampai perguruan kita punah karena tingkah kita,pemerintah tidak akan segan-segan menutup perguruan kita kalau saling bentrok begini.maaf cuma ngasi pemasukan untuk teman-teman yang selalu anarkis

    BalasHapus
  101. ESTEKa jaya
    SETUCER Jaya
    ELKUSA jaya
    E.K.S Jaya

    SALAM S.T.K banyoekambang
    jika kalian memang cinta StK teriaklah

    S.T.K jaya SH Winongo tetep JaYaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  102. SH JAYA
    NEK SING NGAKU SH KUDU CINTA DAMAI
    TAPI NEK SENENG GAE KESRUH KUWI DUDUK SH, TAPI WONG SALAH DIDIKAN, WONG SING GAMPANG DI TUNGGANGI KEPENTINGAN POLITIK.

    SEBENARNYA KESRUH YANG TERJADI SEKARANG INI DAPAT DIKATAKAN SEBAGIAN UNSUR POLITIK.
    PASTI ADA YANG MENDALANGI DIBALIK SEMUA ITU.

    BUAT SAUDARA SH SAYA HARAP BISA MENATA HATI, DAN JANGAN MUDAH DI PENGARUHI,
    PERDAMAIAN HANYA BISA DIJALIN DAN DIMULAI DARI KESADARAN DIRI SENDIRI

    SH CINTA DAMAI,
    YANG BENTROK JELAS BUKAN SH

    BalasHapus
  103. gelut.ow dewe" know...
    PASHTER nggalek jayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.............:D

    BalasHapus
  104. situasi di masing masing daerah berbeda lur..
    di tempat saya cah PSHT ne akeh sing santri, yo ono sing cah Tunas Muda.
    kabeh akur...

    neng Madiun kok malah tegang koyo ngno.. mugo-mugo podo enggal diparingi eling.. sak wise podo dadi pendekar ayo ngibadah disambi golek duit.

    BalasHapus
  105. apa sih yang mau dibanggakan,disombongkan?karena pada akhirnya itu semua gak ada gunanya,,,gelar pendekar, jago bersilat pakah itu bisa menyelamatkan anda semua dari pertanggung jawaban semua tingkah laku kita ddunia?
    gunakan apa yang telah diajarkan oleh guru guru kita untuk kebaikan, bukan adu kata, adu otot yang hnya menuruti nafsu semata...ingat semua guru kita mengajarkan kebaikan...bukan tawuran,mengolok, menghina dan berkata kotor seperti ini semua.
    manusia tak pernah pantas untuk congkak, berjalan dengan sombong. karen kesombongan adalah selendang ALLAH SWT

    salinglah berkaca apa yang buruk pada kita,,,bukan mencela orang lain.
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  106. mugi-mugi kabeh mau saged di pikiraken apik2,ampun asal2an nggih,semua ilmu yg beermanfaat itu baik,dan manfaatkanlah ilmu yg kalian punya untuk kebaikan,ampun di ngge tawuran,jotos2an,ngentekke tenogo mas,
    amar ma'ruf nahi munkar mas,
    BY:sedulur PSHT........

    BalasHapus
  107. MOGA KEDEPANNYA BISA DAMAI. . . . .
    SATU NUSA SATU BANGSA TAK PERLU SALING MANGSA.
    demi kemajuan masyarakat INDONESIA mari kita jujung tinggi PERDAMAIAN!!!

    BalasHapus
  108. kalian itu pada ngapain?? keluarga saya dri tahun 1961 sampai sekarang udah ikut sh ga pernah mempersalahkan yg namanya perbedaan itu, kalian baru jadi warga baru saja omongan kalian sudah tidak karuan, seolah-olah kalian yg memimpin sh itu, mau PSHT apa SHW kita bergerak dijalan masing-masing, lha kenapa kalian masih kebanyakan bacot??

    BalasHapus
  109. gag enek entek"e ki....
    mangan ae yuk..

    BalasHapus
  110. penting wayah kerjo yo kerjo, wayah ibadah yo ibadah.... ojo isine cma gelut ae??? sing digoleki opo to? kepuasan? kepuasan bisa diperoleh dg banyak cara.... tdk lewat gelutan n musuhan kyo ngono kwi.... suwe2 kok kyo Yahudi n Muslim. nek kwi jelas enek ng Al - Qur'an. lha nek paham kyo ngene iki opo yo kdu kyo Yahudi n Muslim kwi???

    BalasHapus
  111. daripada bentrok di luar mending ikut di ring/event selain dapet existensi juga akan dapet kebanggaan tersendiri dan organisasi,
    sekarang udah ada IPSI knpa harus berantem di luar ring..


    mending saling intropeksi diri dan menjaga kerukunan bersama...

    BalasHapus
  112. Woy,,sing kakean omong kui mung bocah kabeh,ura ngerti sejatine pendekar,,,ngisin2i wae,,kabeh senenge mung dho elek2an,,isin Q,,nak pendekar2 Sakiki mung kyok ngono,,Guru sejatimu dho nang ndi? ngakune dho pendekar...tapi kelakuane koyok cah cilik kabeh,,

    BalasHapus
  113. assalamualaikum,
    sama-sama pencak silat ug malah konflik?

    BalasHapus
  114. para pendekar jangan sombong di atas langit masih da langit

    BalasHapus
  115. ShT diajarkan berbudi luhur tau benar dan salah...
    lbih baik damai daripada bonyok. yo pora bro...

    BalasHapus
  116. winongo tu nama hewan apa binatang sech??? ko aq ga pernah dengar,, klo emank nama perguruan, knpa setiap ada ipsi, ga pernah ad yg namanya winongo, apa pengikutx bencong, jgn" pendirinya winongo jg bencong,, atau emang sudh bencong kli ya,,,

    BalasHapus
  117. buat yang pada ribut banyak ngomong, kalian Udah nyumbangin apa buat perguruan kalian ????

    BalasHapus
  118. Asslamualaikum dan selamat pagi..

    maaf sebelumnya, saya bukan PSHT, juga bukan SH WINONGO, saya hanya pemerhati sahabat muda sesama blogger yang peduli sama semua blogger khususnya blogger yg menulis sendiri artikel seperti ini dan bukan hasil copas tentunya.

    teguran saja nih buat sesama blogger khususnya si admin,

    alangkah lebih baiknya jika anda membuat artikel sejarah apalagi artikel yang menyangkut sejarah dua kubu yang berseberangan sebaiknya ditulis referensinya dan dibuatkan catatan kaki agar para pembaca mengetahui dengan pasti darimana sejarah aslinya dan apa dasar anda membuat artikel ini.

    menurut pengamatan saya artikel ini masuk dalam kategori provokasi karena terlalu memojokkan sebelah pihak dan sejarahnya penuh kontroversi dan ujung dari materi ini adalah ketidakpuasan pihak yang merasa dirugikan.

    jika anda menulis artikel sejarah winongo dan terate ini dengan dasar hanya dari (denger-denger sih..) (eh.. katanya temen gue..) atau (cerita ini dari buyut gue...) itu belum masuk dalam kebenaran karena bisa jadi terkontaminasi dengan ditambah-tambahin atau di kurang-kurangin. atau lebih parahnya lagi di bumbui dengan kebohongan Na'udzubillaahi minddzaalik..

    sobat admin yang budiman..
    semoga anda mengerti saran-saran saya karena apapun yang kita sebarkan ke masyarakat entah itu kebaikan atau keburukan pasti kita akan diminta pertanggung jawaban didunia maupun diakhirat kelak,

    buat sobat para komentator..
    udah nggak jamannya lagi perang-perangan apalagi antar sesama...

    ingat...!!!
    kita ini satu bangsa..
    kakek buyut kita mengorbankan nyawa melawan penjajah demi kelangsungan hidup kita..

    lo pikir perang itu keren apa...!!
    jangan sok-sok an.. bentar lagi lo dewasa, punya anak dan bekerja untuk menghidupi keluarga..

    jangan ajari penerusmu petantang-petenteng dipinggir jalan untuk mukulin orang karna yang rugi lo sendiri ntar, hehe maapp (lepas kontrol)

    makasih kotak komentarnya masih available
    salam hangat dari blogger kaltim
    wassalam

    BalasHapus
  119. saya dari setia hati winongo salam

    gini saya luruskan, yang membuat blog ini orang munafik, musuh umat islam.

    gini ya mas-mas e sh terate and winongo, seng jenenge cah sh khe g mungkin musuan, mergane podo-podo sh ne, seng ngomong next sh winongo ngene sh terate ngene, kui khe jek bocah. mergo jenenge pendekar ke gk bakal nglarani and g bakal males yen di larani. la asline ngunu seng gaene gegeran, dll ui pendekar gadungan, aq ndue konco ui cah terate che yo apik2 ae g kemlelet masio dek e warga yo gak tau ngelek2 pencak winongo, ngunu ui khe tergantung bocae, cz bocah-bocah seng gaene geger ui ugung ngerti artine pencak, yo jenenge sek bocah apalane gelut ae, aq nen winongo g pernah di ajari musui cah terate, malah diajari dadi manungso seng berbudi luhur, ogak koyo cah winongo seng grubak grubyuk melu kecer sampe, gek ge geger, aq cah winongo g tau melu gegran ojo meneh musui cah terte ujud e cah terte yo ngajeni aq, ngunu ui khe dilok en tho tuek ane dewe2 opo pernah to guru khe ngajar i murid e seng g bener. itu semua tergantung pada diri masing masing, next trae ui cah sh tenan g mungkin musuan.

    BalasHapus
  120. sya dri sh winongo salam seduluran
    sya mw crita sdikit ya dlu sya jg pernah ikut latihan sh trate ddaerah sya tp sampe sabuk sbuk ijo batin sya udah g kuat dgn ajaran yg mas2 brikan ksya mulai wktu lathan bwa jamuhrus pke botoll beling/kaca jgn pke btol aqua/plastik waktu sya tnya knpa platih blang buat jaga2 nanti klo ktmu anak nongo bsa km buat snjata,tu yg prtama. trus yg kdua waktu bwa bontotan/bekal msak lauk kt dambil ma mas2warga ktnya klo kt kbnyakan mkan tlor bdan kt g bkl jdi apalagi nasi yg kt bwa djdikan satU sma tman satu leteng n daduk dgn kaki mase warga trus dksihkn kt untuk dmakan.apakh itu manusiawi?apakah tu ajaran yg bner?
    nah itu knpa sya kluar dri sh tarate n msuk ksh winongo tp g sampe dsitu teman2 dsh trate mlah musuhi sya sampe sya dkroyok dbok malang madiun
    nah itu pngalaman sya pas sya ikut sh terate jd sh trate dmata sya tdk mmiliki naluri smbagi manusia yg damai mlah mngajarkan permusuhan.
    slam EKS

    BalasHapus
  121. gak usah komentar kabeh, wis di jarne wae engko rak mati dewe,nek wis mati rak podo menenge to dulur

    BalasHapus
  122. sabar2...
    dulur2 PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATAI...
    salam damai psht 1922
    cabang dolopo selatan

    BalasHapus
  123. Aku wong netral.....
    Teratai sedulur, winongo yo tak anggep sedulur.
    Lha iki critane ngono aku yo pengen melu latihan, tapi manggonku ning klender (pemilik dari warung sate sukowati).
    Mohon infonya untuk bisa mengikuti latihan didaerah klender, jakarta timur. Trims.....semua.

    BalasHapus
  124. Poro sedulur...
    Aku pengen melu latihan, mohon infonya untuk daerah klender jakarta timur....
    Trims....

    BalasHapus
  125. Cah cilik 2 kuwi mau sopo tow kok rumongso jagoan arep gelutan dewe.....ora usah kakehan cangkem leee....kowe kabeh kuwi sek bayi wingi sore...sinau seng mempeng wae tentang SH masing2....yo bocah. Bayi2 koyo kowe2 kuwi lo seng perlu dihajar dewe ki...ben ngerti nek kenek sampluk ki loro...ojo mbok baleni meneh lee.. tolee..kowe wong 2 kuwi wes takabur...ndang istighfar...

    BalasHapus
  126. silat hanya untuk membela diri
    tidak untuk menyakiti
    kita semua saudara muslim
    tuhan kita hanya Allah swt

    BalasHapus
  127. sudah lh, untuk apa kita sling ejek di dunia maya sperti ini...
    gk ada gunanya, damai aja saudara" SH,..
    SH Terate dan SH Winongo tetap 1 bapak, tetap 1 jurus, tetap 1 pencak silat, dan tetap 1 hati...
    kita lahir dari 1 Hati "Sedulur Tunggal Kecer"
    coba saudara" sekalian bayangkan kalau smpai SH Terate dan SH Winongo bersatu kembali, gk kebayang besarnya Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati nantinya,..
    mohon di rengunkan untuk saudara" smua,. Salam

    BalasHapus
  128. nöngo gancox gathel
    Asuwarno deglok

    BalasHapus
  129. mulane do kalah ro jepang, lha wong podo dulur we do kerah, ngunu kok arep nglawan karate....., salam karate osh..!!

    BalasHapus
  130. Podo mediune, isih dulur dewe, la nek kene SHT SHW, kumpul bareng guyup rukun... nek pusat malah koyo cah cilik, tukaran ae,,,, hmmmm payah kie...

    BalasHapus